Tips Atasi Rem Cakram Seret, Ternyata Ini Penyebabnya!
Haloo sobat Moladiners. Akhir-akhir
ini rem depan motor Jinny berasa seret kecuali pas kondisi motor diam
statis. Padahal nih ya sob, sebelumnya bagian sil master rem Jinny udah
dibersihin gak lama waktu itu, artikelnya ada disini.
Apa kalian juga pernah mengalami hal yang seperti ini brosis? Tau gak,
ternyata penyebabnya adalah as floating kaliper yang kotor. Hal semacam
ini berlaku untuk kaliper berjenis floating. Nggak percaya? Baca dulu
nih penjelasan serta tips atasi rem cakram seret dari mas Didin yang
punya bengkel Global Jaya Motor yang beralamat di Ciledug ini.
Penyebab Rem Cakram Seret
Kampas rem cakram punya fungsi krusial
dalam sistem pengereman pada motor, jika sudah habis atau ada kesalahan
pemasangan, besar kemungkinan hal buruk bakal terjadi. Namun nyatanya,
masih ada mekanik yang salah kaprah dalam proses penggantian kampas rem
cakram, terutama untuk rem cakram belakang.
Sebab dalam proses penggantian kanvas
rem sering kali kaliper nggak dilepas dari dudukannya, sob. Padahal nih
ya, terdapat bagian pada kaliper yang harus rutin dibersihkan dan diberi
gemuk, yaitu as floating kaliper. Jika bagian ini nggak dibersihin,
yakin deh kotoran dan debu bakal makin menumpuk disana. Berdalih biar
cepet, sebab memang agak repot melepas kaliper belakang yang diharuskan
bongkar as roda untuk melepas bagian ini. Apalagi model rem cakram
belakang motor jaman sekarang yang as kalipernya menyatu dudukannya.
Nah, dari situlah muncul masalah rem
cakram yang seret karena berawal dari hal sepele seperti ini, brosis.
Nggak sedikit orang yang merasakan motornya jadi makin berat saat
didorong, padahal dalam kondisi statis, tuas rem terasa empuk.
Udah pada tau kan penyebabnya? Dan ternyata begini sob, tips atasi rem cakram seret, simak dibawah ini.
Tips Mengatasi Rem Cakram Seret
Peran as floating kaliper ini sangat
penting sob, sebab komponen ini bertugas sebagai jalur kaliper untuk
bergerak. Agar kaliper dapat bekerja maksimal ada beberapa hal yang
sebaiknya dilakukan.
Pertama, lebih baik melepas bracket atau
dudukan kaliper saat proses penggantian kanvas rem. Hal ini juga bisa
mencegah piringan cakram tidak bengkok saat merenggangkan piston
kaliper.
Kedua, lepas kanvas rem lama terlebih
dahulu sebelum pemasangan kanvas baru agar bracket bisa dilepas.
Kemudian bersihkan juga baut as penahan kanvas rem apabila mengalami
karat atau tertimbun kotoran.
Ketiga, lepas kaliper dari dudukan lalu kemudian lumasi as floating dengan gemuk atau grease.
Keempat, bersihkan bagian dalam kaliper tempat kanvas rem dengan bensin atau cairan pembersih lainnya.
Terakhir, pasang kembali kanvas yang baru dan kaliper pada kondisi semula.
Setelah semua tahap diatas terlaksana,
coba brosis lakukan tes. Ingat ya guys, kanvas rem baru perlu adaptasi
terlebih dahulu agar permukaan kanvas bisa melakukan kontak seluruhnya
pada cakram. So, saat kanvas masih dalam kondisi baru, jangan memaksakan
tes jalan dengan kecepatan tinggi.
Sumber Artikel :
No comments:
Post a Comment