Monday, October 29, 2018

Apa Perbedaan Antara Yamaha YZF-R25 dengan YZF-R3?

Apa Perbedaan Antara Yamaha YZF-R25 dengan YZF-R3?

Jum'at, 12 Oktober 2018 15:15Editor : Cornelius Candra
Yamaha YZF-R3 (Yamahamotorsports.com)
OTOSIA.COM - Kamis kemarin (11/10), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi merilis sportbike 250cc andalan mereka, Yamaha YZF-R25. Dalam kesempatan tersebut, motor lain yang juga diluncurkan adalah Yamaha YZF-R3.
Kiri-kanan: Yamaha YZF-R25 dan YZF-R3 (Yamahamotorsports.com dan Yamaha.co.id)
Secara visual, kedua motor tersebut memiliki tampilan yang sama. Baik Yamaha YZF-R25 maupun Yamaha YZF-R3 sama-sama memilki sepasang LED headlight yang mengapit air-scoop besar. Selain itu, bentuk fairingnya juga terkesan lebih sederhana tanpa kehilangan sisi agresifnya.
Bahkan dimensi Yamaha YZF-R25 sama persis dengan Yamaha YZF-R3. Kedua sportbike tersebut memiliki panjang 2.090 mm, lebar 720 mm, dan 1.135 mm. Ground clearance dan jarak antar sumbu rodanya pun sama, masing-masing 1.380 mm dan 160 mm.
Pilihan warna Yamaha YZF-R25 2018 (Yamaha-motor.co.id)
Yang membedakan antara keduanya adalah mesin. Yamaha YZF-R25 mengusung mesin 2-silinder inline 249 cc bertenaga 35,5 hp dengan torsi maksimum mencapai 22,6 Nm. Sementara itu, Yamaha YZF-R3 dibekali dapur pacu 2-silinder inline 321cc yang tentunya menhasilkan tenaga dan torsi lebih besar, masing-masing 41,4 hp dan 29,6 Nm.
Pembeda lainnya adalah lokasi peredarannya. Yamaha YZF-R25 dijual untuk pasar Indonesia, Malaysia, dan Jepang. Sedangkan Yamaha YZF-R3 yang bermesin 300cc akan dijual di Eropa, Amerika Serikat (AS), dan negara lainnya.
Pilihan warna Yamaha YZF-R3 2018 (Yamahamotorsports.com)
Selain itu, pilihan warna yang ditawarkan juga berbeda. Di Indonesia, Yamaha YZF-R25 dijual dalam 3 pilihan warna, yaitu Racing Blue, Matte Red, dan Matte Black. Di AS, Yamaha YZF-R3 juga dijual dalam 3 warna, yaitu Racing Blue, Matte Black, dan Vivid White.
Harga motor ini bervariasi, tergantung negaranya. Mengutip dari situs resmi Yamaha Indonesia, Yamaha YZF-R25 dibanderol seharga Rp58,6 juta di Indonesia. Sedangkan di AS, berdasarkan situs resminya, Yamaha YZF-R3 standar dijual seharga USD4.999 atau Rp76 jutaan dan USD5.299, sekitar Rp80 jutaan untk versi ABS (Kurs USD1 = Rp15.196).

Yamaha YZF-R1 Makin Gahar dengan Warna Baru

Yamaha YZF-R1 Makin Gahar dengan Warna Baru

Selasa, 16 Oktober 2018 14:15Editor : Cornelius Candra
Yamaha YZF-R1 2019 (yamahamotorsports.com)
OTOSIA.COM - Menjelang penghujung tahun 2018, berbagai pabrikan berramai-ramai menyegarkan tampilan produknya untuk tahun 2019, tak terkecuali Yamaha. Berdasarkan situr resmi Yamaha Amerika Serikat (AS), mereka baru saja memberikan warna baru pada superbike andalannya, Yamaha YZF-R1.
Motor gede (moge) sport tersebut sekarang hadir dengan pilihan warna merah sehingga terlihat makin gahar dan terdapat strip putih di depan serta samping. Sebelumnya, kelir ini pernah digunakan, namun dipadukan dengan putih di sisi fairing.
Yamaha YZF-R1 2019 (yamahamotorsports.com)
Terlahir sebagai superbike andalan, Yamaha YZF-R1 dibekali dengan berbagai fitur terbaik dari pabrikan berlogo garpu tala tersebut. Motor sport ini dibekali dengan lampu-lampu LED, instrumen panel digital, traction-control, launch-control, dan quickshifter.
Selain itu, Yamaha YZF-R1 ditopang sasis deltabox berbahan aluminium, suspensi depan upside-down dan monoshock swing-arm fully adjustable. Bodinya pun didesain guna meningkatkan aerodinamika.
Yamaha YZF-R1 2019 (yamahamotorsports.com)
Di sektor dapur pacu, Yamaha YZF-R1 mendapat asupan tenaga sebesar 200hp dan torsi 112 Nm dari mesin 4-silinder inlinw 998cc liquid-cooled. Menariknya, mesin ini digunakan untuk menggerakan motor yang bobotnya hanya 200 kg.
Yamaha YZF-R1 terbaru ini nantinya akan mulai dipasarkan di Amerika Serikat (AS) pada Februari 2018 dengan harga USD16.999 atau Rp258 jutaan (Kurs USD1 = Rp15.229). Selain warna merah, Yamaha YZF-R1 2019 juga ditawarkan dalam pilihan warna Racing Blue khas Yamaha.

Nongkrongin IDEAFEST X The NextDev 2018 Pelajari Kisah Sukses Boy Kelana Soebroto

Nongkrongin IDEAFEST X The NextDev 2018 Pelajari Kisah Sukses Boy Kelana Soebroto

Kamis, 25 Oktober 2018 11:00Editor : Dwi Ariyani
© FB boykelana.soebroto
OTOSIA.COM - Membangun Indonesia menjadi lebih baik lagi bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi juga generasi muda. Salah satunya dengan membesut startup yang mampu menghadirkan social impact di tanah air. Tidak perlu meremehkan profesi apapun yang dimiliki saat ini, seperti perjalanan karir Boy Kelana Soebroto yang cemerlang dan siap dibagikannya di gelaran IDEAFEST x The NextDev 2018 nanti. 

Pria yang akrab dipanggil Boy ini awalnya berprofesi sebagai penyiar radio setelah menyelesaikan kuliahnya di bidang hukum. Kini, Boy Kelana menjabat General Manager-Head of Corporate Communications di salah satu perusahaan terkemuka, Astra International. Ingin mengenal sosok pria berkacamata yang satu ini sebelum menghadiri kelasnya nanti? Simak ulasan singkatnya di sini.


Membangun Karir di Dunia Komunikasi
Berawal sebagai penyiar radio, selama kurang lebih 12 tahun, Boy mengasah kemampuan komunikasi dan manajerialnya di beberapa radio. Ia kemudian mencoba memulai karir di dunia konsultan brand dan periklanan sebagai Account Executive di McCann-Erickson yang membawanya bergabung ke beberapa konsultan lainnya seperti Bates, Publicis, dan terakhir, DDB sebagai Group Account Director.
Bergabung dengan Astra International
Karirnya terus berkembang saat bergabung dengan Astra International pada tahun 2008. Berawal dari posisinya sebagai Manager-Head of Internal Relations, ayah dari Kayana ini menapakai karir hingga kini menjadi General Manager-Head of Corporate Communications dalam waktu kurang dari 10 tahun. Di perusahaan ini, ia bertekad memperkuat nilai-nilai perusahaan di seluruh grup dan mencapai pencapaian terbaik di dunia komunikasi brand.
Punya Banyak Aktivitas
Selain sebagai family man dan pekerja keras, Boy juga meluangkan waktunya untuk menghadirkan social impact buat tanah air. Seperti keterlibatannya sebagai salah satu juri dari SATU Indonesia Awards yang merupakan penghargaan dari Astra International bagi tokoh Indonesia inspiratif yang memberikan dampak positif buat masyarakat maupun lingkungan sekitarnya.
Di akhir pekannya pun, pria multitalenta ini juga bersedia memberikan waktunya sebagai Program Facilitator di Talk Inc Consulting Corporation. Selain itu, ia juga aktif di Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia atau Perhumas sebagai Wakil Ketua Umum 3 Badan Pengurus Pusat.
Ingin menggali inspirasi dari Boy Kelana Soebroto dalam menghadirkan perubahan baik buat tanah air? Jangan lewatkan festival kreatif tahunan terbesar di Indonesia yang akan digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 26-27 Oktober 2018. Di tahun ke-7, IDEAFEST akan berkolaborasi dengan The NextDev 2018 yang mengusung misi sama yaitu mengembangkan industri kreatif di Indonesia.
Selain mendatangkan ratusan pembicara ngetop di berbagai bidang, The NextDev juga akan memberikan kejutan bagi siapa saja yang datang di event IDEAFEST. Berupa Telkomsel Experience Zone di Idea Xperience, konsep Living in Balance Between Life and Business yang diusung akan menjawab segala sesuatu yang yerkait dengan lifestyle dan bisnis.
Segera dapatkan tiketnya dengan harga Rp1,1 juta per hari atau paket bundling 2 hari seharga Rp1,6 juta. Jangan sampai ketinggalan festival kreatif terbaik di Indonesia ini, ya!
 (adv/aik)

Mengintip Lawan Baru Yamaha XMax dari Taiwan, Rilis November Mendatang

Mengintip Lawan Baru Yamaha XMax dari Taiwan, Rilis November Mendatang

Senin, 29 Oktober 2018 14:15Editor : Cornelius Candra
MAXSYM TL (newmotor.com.cn)
OTOSIA.COM - Pada gelaran EICMA 2018 mendatang, pabrikan asal Taiwan, SYM Motor juga akan memamerkan produk baru mereka, yaitu MAXSYM TL. Sebelumnya, skutik gambot ini juga pernah muncul di ajang yang sama pada tahun 2017 lalu.
Mengutip dari Newmotor.com.cn, tidak ada perbedaan antara konsep dan versi produksi massalnya. MAXSYM TL hadir dengan aira sporty, gagah, dan bertenaga. Hal itu tidak terlepas dari bodinya yang gambot dan lebar.
Berbagai fitur yang ditawarkan pun tak kalah dengan produk Jepang dan Eropa lainnya. MAXSYM TL dibekali dengan full-LED lighting, suspensi depan upside-down, dan adjustable-windshield.
Meski terlahir sebagai skutik, MAXSYM TL menggunakan rantai sebagai penyalur tenaganya. Bahkan, motor ini juga dibekali swing-arm persis seperti sportbike pada umumnya. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir tenaga yang hilang saat disalurkan.
Komponen menarik lainnya pada MAXSYM TL adalah suspensi belakang. Peredam kejut tersebut terletak di sebelah kiri seperti skutik entry-level Indonesia, namun dihubungkan dengan sebuah peredam lainnya guna menyempurnakan pengendaliannya.
Untuk urusan performa, MAXSYM TL mengandalkan mesin 2-silinder inline DOHC 465cc water-cooled. Dapur pacu ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 39,5 hp pada 7.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 41,2 pada 5.000 rpm.
Sayangnya, masih belum ada bocoran terkait harga MAXSYM TL. Yang jelas, skutik unik ini nantinya akan berhadapan dengan Yamaha XMax 400 dan Yamaha TMax serta Kymco AK550 di pasar Eropa.

Budget Rp20 Jutaan, Pilih Yamaha Lexi atau All New Honda Vario 125?

Budget Rp20 Jutaan, Pilih Yamaha Lexi atau All New Honda Vario 125?

Selasa, 17 April 2018 11:37Editor : Cornelius Candra
Foto : All New Honda Vario 125 / AHM
OTOSIA.COM - Vario terbaru 2018 akhirnya resmi diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor kemarin (16/4). Setidaknya ada dua varian yang ditawarkan yakni All New Honda Vario 125 dan All New Honda Vario 150.
Di sektor skutik 125cc, All New Honda Vario 125 akan berhadapan langsung dengan Yamaha Lexi 125. Keduanya mengusung konsep serupa, yakni skutik premium dengan desain khas motor urban.
All New Honda Vario 125
Dirunut dari dimensinya, keduanya pun mempunyai kemiripan. All New Honda Vario 125 memiliki panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm. Sementara jarak sumbu roda dan tinggi jok masing-masing 1.280 mm dan 769 mm.
Sedangkan Yamaha Lexi mempunyai panjang 1.970 milimeter, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 1.350 mm dan jok setinggi 765 mm.
Fitur yang terpasang pun tak berbeda jauh. Keduanya menggunakan full LED lighting, bagasi luas, dan panelmeter digital yang informatif.

Pembeda antar All New Honda Vario 125 vs Yamaha Lexi 125

Meski berada pada segmen yang sama, performa yang dihasilkan berbeda. Mesin 1 silinder 124,7cc Yamaha Lexi mampu menghasilkan tenaga 11,7 hp dan torsi 11,3 Nm.
Sedangkan All New Honda Vario 125 mengusung mesin 124,8cc 1-silinder bertenaga 11 hp dengan torsi mencapai 10,8 Nm. Jika dibandingkan, spesifikasi performa Yamaha Lexi 125 lebih tinggi dibanding All New Honda Vario 125.
Yamaha Lexi
Yamaha Lexi 125 pun memiliki ban lebih besar, yakni 90/90-14 di bagian depan dan 100/90-14 di belakang. Sementara All New Honda Vario 125 menggunakan kombinasi ban depan-belakang yang lebih kecil, masing-masing berukuran 80/90-14 dan 90/90-14.
Selain itu, varian Yamaha Lexi S telah dibekali dengan Smart Key System Yamaha atau keyless. Sedangkan Honda masih menggunakan kunci konvensional yang dilengkapi dengan Anti Theft Alarm dan Aswer Back System.
Mengenai harga, nampaknya All New Honda Vario 125 lebih murah dengan banderol Rp19,1 juta (on the road Jakarta) untuk varian CBS dan Rp19,9 juta (on the road Jakarta) pada varian CBS-ISS.
Sementara, PT Yamaha Indonesia Manufacturing Motors masih belum merilis harga resmi Yamaha Lexi dan Yamaha Lexi S. Diketahui dari situs resmi Yamaha bahwa banderol Yamaha Lexi akan berada di bawah Rp20 juta.

Yamaha Lexi Berkonsep Touring? Boleh Juga

Yamaha Lexi Berkonsep Touring? Boleh Juga

Selasa, 17 April 2018 15:15Editor : Cornelius Candra
Foto : Instagram.com/ yamahajatim
OTOSIA.COM - Pada hari ini (17/4), PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing resmi merilis harga Yamaha Lexi dan Yamaha Lexi S. Padahal, anggota terkecil keluarga Maxi Yamaha itu sudah dirilis sejak awal tahun lalu.
Yamaha Lexi bisa dipinang dengan banderol Rp19,95 juta. Sementara Yamaha Lexi S ditawarkan lebih mahal, yakni Rp22,8 juta.
Meskipun harga itu baru dirilis hari ini (17/4), sudah beredar banyak konsep modifikasi Yamaha Lexi. Salah satu ubahan yang cukup menarik perhatian adalah konsep touring.
Foto ubahan itu kemudian diunggah oleh akun instagram @yamahajatim. Pada postingan tersebut nampak Yamaha Lexi tampil lebih gagah dan siap menempuh perjalanan jauh.
Karya pemilik akun @julaksendiedesign itu memperlihatkan Yamaha Lexi S yang dimodifikasi pada beberapa sektor. Windshield asli Yamaha Lexi diganti dengan yang lebih besar. Selain itu, spion yang semula ada di setang dipindah ke body depan.
Kaki depan pun tak lagi menggunakan suspensi teleskopik, melainkan upside-down sehingga terlihat lebih mewah dan gagah. Tak lupa dipasangkan pula top-box untuk menampung barang bawaan pengendara.

Spesifikasi Lengkap Yamaha Lexi dan Yamaha Lexi S

Ini Spesifikasi Lengkap Yamaha Lexi dan Yamaha Lexi S

Rabu, 18 April 2018 12:15Editor : Cornelius Candra
Foto : Yamaha
OTOSIA.COM - PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing baru saja merilis harga resmi dari Yamaha Lexi dan Yama Lexi S pada Selasa, 17 April 2018. Skutik ini mengisi posisi terkecil dari keluarga Maxi Yamaha di bawah Yamaha NMax.
Yamaha Lexi ditawarkan dalam 3 pilihan warna yaitu Matte Red, Matte Grey, dan White yang dibanderol dengan harga Rp19,95 juta (on the road Jakarta).
Sedangkan Yamaha Lexi S ditawarkan dalam 3 pilihan warna yakni Matte Blue, Bronze, dan Matte Grey. Varian ini dijual sedikit lebih mahal dengan harga Rp22,8 juta (on the road Jakarta).
Karena berasal dari keluarga Maxi Yamaha, desainnya terbilang gambot dan moge-look. Terlihat dari dimensi keduanya dengan panjang 1.970 milimeter, lebar 720 mm dan tinggi 1.135 mm. Sementara jarak sumbu rodanya mencapai 1.350 mm dan jok setinggi 765 mm. Kapasitas tangki bensin Yamaha Lexi dan Yamaha Lexi S mencapai 4,2 liter.
Selain itu, terdapat pula windshield kecil di atas LED headlight. Fitur lain yang disematkan Yamaha pun terbilang menarik, yakni bagasi luas, hazard lamp, Stop & Start System (SSS), panelmeter digital, dan electric power socket. Bahkan, pada varian Lexi S telah mengadopsi teknologi keyless.
Di sektor kaki-kaki, terlihat sepasang suspensi depan teleskopik yang berpadu dengan monoshock di bagian belakang. Pada Yamaha Lexi S, terpasang suspensi belakang yang dilengkapi dengan sub-tank. Nuansa gambot juga disumbangkan oleh kombinasi ban depan-belakang yang masing-masing berukuran 90/90-14 dan 100/90-14.
Beralih ke dapur pacu, baik Yamaha Lexi maupun Yamaha Lexi S sama-sama mengusung mesin 1-silinder SOHC 124,7cc liquid-cooled dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation). Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 11,7 Hp dan torsi mencapai 11,3 Nm.

Yamaha Optimis Lexi Akan Diterima Ojek Online Karena Fitur Ini

Yamaha Optimis Lexi Akan Diterima Ojek Online Karena Fitur Ini

Rabu, 18 April 2018 14:45Editor : Cornelius Candra
Ilustrasi : Instagram.com/ yamahajatim
OTOSIA.COM - Dengan banderol mulai dari Rp 19,95 juta, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing optimis Lexi bakal diterima oleh konsumen Indonesia. Tak hanya pengguna pribadi, Lexi dinilai juga akan menarik perhatian para pengendara ojek online.
Optimisme tersebut tak hanya didasari dari kesuksesan NMax, di mana model Maxi ini cukup diminati oleh pengendara ojek online. Namun juga dari hasil survei YIMM terhadap konsumen ojek online.
Dari hasil survei tersebut, dikatakan Presiden Direktur dan CEO YIMM, Minoru Morimoto, ruang tempat duduk menjadi yang masalah utama, khususnya pada wanita. Cukup banyak dari konsumen tersebut yang merasa enggan duduk terlalu dekat dengan pengendara ojek online.
Hal ini pun dapat diantisipasi oleh Lexi. Desain joknya yang panjang dan luas memberikan cukup jarak antara konsumen dengan pengendara ojek online.
Di samping itu, dengan adanya aksesori opsional berupa back rest dapat menjadi nilai lebih bagi pengendara ojek online. Soalnya, back rest tersebut mampu memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang di belakang.
Selain itu, juga terdapat electric power socket. Fitur tersebut membuat setiap pengendara ojek online tidak perlu khawatir smartphone mereka akan kehabisan daya.

Cerita di Balik Nama dan Panggilan si Sexy Yamaha Lexi

Cerita di Balik Nama dan Panggilan si Sexy Yamaha Lexi

Rabu, 18 April 2018 16:00Editor : Dini Arining Tyas
Foto: Dok Otosia.com
OTOSIA.COM - Ada cerita menarik dibalik nama Lexi, skutik terbaru Ysmshs Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Berdasarkan pengakuan Presiden Direktur dan CEO YIMM, Minoru Marimoto, pihaknya cukup bekerja keras untuk mendapatkan nama yang tepat.
Hal ini disebabkan, YIMM harus mencari sebuah nama yang mampu merepresentasikan skutik itu sebagai bagian dari keluarga Maxi Yamaha. Menurut Marimoto, beberapa nama terdengar cukup bagus. Sayangnya, nama-nama tersebut terpaksa ditiadakan lantaran terbentur masalah paten.
"Kami punya banyak ide, begitu kami periksa ternyaya sudah dipatenkan. Kami harus mencari nama yang menggambarkan ini adalah skutik Maxi, bukan sekedar skutik biasa. Dan juga nama itu belum dipatenkan," jelas Morimoto.
Sebagai bagian dari Maxi, Lexi sendiri merupakan skutik yang mengusung sebuah konsep smart dan sexy. Untuk mewujudkan konsep tersebut, Yamaha sampai memunculkan sebuah nama panggilan, yaitu Sexy Lexi.
Pemberian nama itu juga memiliki cerita tersendiri. Menurut Morimoto, ide panggilannya datang dari ungkapan Valentino Rossi yang hadir saat pengenalan Lexi di bulan Januari lalu.
"Inspirasinya datang dari Rossi. Saat dia melihat motor ini, dia langsung bilang, motor paddock. Dia juga mengatakan bagus dan seksi. Mendengar itu kami langsung menjadikannya nama panggilan Lexi," jelas Morimoto. 

Honda Monkey Mengaspal di Negeri Jiran, Akankah ke Indonesia Juga?

Honda Monkey Mengaspal di Negeri Jiran, Akankah ke Indonesia Juga?

Jum'at, 05 Oktober 2018 10:15Editor : Cornelius Candra
Foto: Paultan.org
OTOSIA.COM - Beberapa waktu lalu, Boon Siew Honda, agen pemegang merek (APM) Honda di Malaysia secara resmi merilis mini-moto legendaris, Honda Monkey. Menariknya, harga jual motor retro ini setara motor 250cc.
Mengutip dari situs resmi Boon Siew Honda, Honda Monkey dibanderol MYR13.999 atau sekitar Rp51,2 jutaan (Kurs MYR1 = Rp3.661). Sebagai perbandingan, saat ini, Yamaha MT-25, naked-bike 250cc, dipasarkan seharga Rp48 juta di Indonesia.
Tingginya harga jual tersebut tak terlepas dari tampilan Honda Monkey yang mempertahankan berbagai ciri khasnya. Mini-moto ini tetap mungil dengan tangki melengkung, lampu utama bulat, dan knalpot under-seat.
Meskipun kental dengan nuansa lawas, Honda Monkey dibekali berbagai fitur menarik dan modern. Mini-moto ini dilengkapi dengan lampu-lampu LED, instrumen panel digital, alarm built-in, dan answer-back system.
Honda Monkey mengandalkan mesin 1-silinder SOHC 124,89cc berpendingin udara. Dapur pacu tersebut menyumbangkan tenaga sebesar 9 hp dengan torsi 10,5 Nm dan disokong sistem pengabutan PGM-Fi.
Di sektor kaki-kaki, Honda Monkey dibekali suspensi depan upside down dan twin suspension di belakang. Sementara itu, ban depan dan belakang masing-masing berukuran 2.75/12 dan 3.50/12. Keduanya dikawal single disc-brake.
Dengan kehadirannya di Malaysia, Honda Monkey semakin deklat dengan Indonesia. Namun, pihak Astra Honda Motor (AHM) sampai saat ini belum menunjukkan minatnya untuk memboyong mini-moto legendaris ini ke tanah air.

Akhirnya Suzuki GSX150 Bandit Punya Harga, Setara GSX-S150

Akhirnya Suzuki GSX150 Bandit Punya Harga, Setara GSX-S150

Jum'at, 05 Oktober 2018 11:45Editor : Cornelius Candra
Foto: Nazar Ray
OTOSIA.COM - Versi terkecil dari Suzuki GSX Bandit telah dirilis pada GIIAS 2018, awal Agustus lalu. Setelah 2 bulan diperkenalkan, akhirnya PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 2W mengumumkan harga motor naked-sport ini.
Mengutip dari Liputan6.com, Suzuki GSX150 Bandit dibanderol Rp26 juta (OTR Jakarta). Harga jual tersebut sama persis dengan saudaranya, Suzuki GSX-S150. Ya, berdasarkan situs resmi Suzuki Indonesia, Suzuki GSX-S150 dijual seharga Rp26 juta (OTR) Jakarta.
Saat ini, dalam situs resmi SIS, Suzuki GSX150 Bandit ditawarkan dalam 4 pilihan warna, yaitu Metallic Matte Titanium Silver, Brilliant White/ Aura Yellow, Stronger Red/ Titanium Black, dan Titanium Black.
Sektor dapur pacu Suzuki GSX150 Bandit diadopsi dari Suzuki GSX-S150, 1-silinder DOHC water cooled 147,3cc. Mesin yang disokong sistem pengabutan injeksi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 19 hp dengan torsi maksimum 14 Nm.
Meski dibanderol sama, terdapat beberapa perbedaan antara Suzuki GSX150 Bandit dan Suzuki GSX-S150, seperti cover knalpot, jok, behel belakang, dan desain headlight.
Sebelumnya, desain Suzuki GSX150 Bandit sempat menuai pro dan kontra. Pasalnya, terdapat ciri khas Suzuki Bandit series yang hilang pada motor ini, yaitu velg palang 3 dan mesin 4-silinder inline.
Meski demikian, ada satu karakter Suzuki Bandit lawas yang terdapat pada motor baru ini, yaitu kenyamanan berkendara. Ya, sejak pertama dirilis pada 30 tahun silam, Suzuki Bandit dikenal dengan posisi berkendaranya yang nyaman atau user-friendly.
Sumber: Liputan6.com

Gebrakan Suzuki untuk lawan NMax dan PCX

Suzuki Tertarik Boyong Penantang Yamaha NMax dan Honda PCX ke Tanah Air

Rabu, 10 Oktober 2018 21:15Editor : Dini Arining Tyas
Suzuki Burgman Street 125 versi India (Bikewale)
OTOSIA.COM - Pasar skutik premium semakin menunjukkan trend positif. Saat ini masih ada Honda dan Yamaha yang bermain di kelas ini, melalui NMax dan PCX.
Namun, ada satu pabrikan yang memang digadang-gadang bakal menghadirkan pesaing untuk Yamaha NMax dan Honda PCX, yaitu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Kehadiran skutik premium dari pabrikan berlambang huruf 'S' ini, memang bukan isu baru, tapi hingga saat ini peluncuran model tersebut masih tertutup sangat rapat.
"Pasar itu (skutik premium) saat ini menarik, karena memiliki pertumbuhan terbesar. Kemungkinan ada keinginan (menghadirkan skutik premium)," jelas Marketing 2W Section Head PT SIS, Banggas Pardede, saat ditemui Liputan6.com, di Ancol, Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.
Lanjut Banggas, Suzuki memang menyasar segmen apapun untuk menghadirkan model baru. Saat ini, hanya tinggal masalah waktu yang tepat untuk mengaspalkan motor baru di Indonesia, dan semakin memperlebar bisnis Suzuki di dalam negeri.
"Semuanya menarik bagi Suzuki, karena kami ingin melayani semua segmen, dan segmen apapun menarik bagi Suzuki," tambahnya.
Ketika disinggung model baru apa yang bakal digelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018, Suzuki masih enggan membocorkannya lebih lanjut.
"Semboyan kami, di saat ada keramaian di sana saat yang tepat untuk memperkenalkan sesuatu," pungkasnya.
Suzuki sendiri sudah memiliki produk untuk kelas ini, Suzuki Burgman. Februari lalu, Suzuki telah meluncurkan Burgman Street 125 di India.

Si Seksi Lexi Tampil Garang

Punya Baju Baru, Si Seksi Lexi Tampil Garang

Kamis, 18 Oktober 2018 16:15Editor : Dini Arining Tyas
Yamaha Lexi Matte Black (instagram/yamahaindonesia)
OTOSIA.COM - Yamaha Lexi sudah mengaspal di Indonesia sejak Januari 2018 lalu. Di awal peluncurannya itu, motor yang masuk dalam keluarga Maxi Yamaha ini hanya memiliki tiga pilihan warna, Matte Red, Matte Grey, dan White untuk varian standar dan Blue Matte, Bronze, dan Matte Grey untuk varian S.
Kini, Yamaha memberikan tambahan pilihan warna untuk motor penantang Honda PCX 125 itu. Matte Black, yang membuat Lexi tak hanya seksi tapi juga garang.
Yamaha Lexi matte black (Yamaha Indonesia)Warna hitam pada pilihan warna baru Lexi ini tampak pada seluruh bagian Lexi, termasuk pada velg. Kesan elegan juga menguar dari Lexi dengan pilihan warna baru ini.
Sayangnya warna baru Lexi ini hanya tersedia untuk varian standar, Lexi. varian ini memiliki fitur yang hampir sama dengan varian S, kecuali fitur smart key system, sub-tank suspension, dan seat stich.
Sedangkan mesin Lexi masih sama dengan varian standar pilihan warna lainnya. Mesin single silinder 124,7cc yang menghasilkan tenaga 8,75 kW dan torsi 11,3 Nm.
Soal harga, menurut situs resmi Yamaha Indonesia, Lexi ditawarkan Rp 20 jutaan dengan status On The Road Jakarta.

Yamaha Fino Makin Retro dan Elegan Dengan Warna Baru

Yamaha Fino Makin Retro dan Elegan Dengan Warna Baru

Sabtu, 20 Oktober 2018 12:45Editor : Cornelius Candra
Yamaha Fino Premium 2018 (yamaha-motor.co.id)
OTOSIA.COM - Pada Juli 2018 lalu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja merilis warna baru Yamaha Fino Grande, matte blue. Kini, pabrikan berlogo garpu tala tersebut kembali melakukan penyegaran pada 2 varian Yamaha Fino lainnya, yaitu Premium dan Sporty.
Berdasarkan situs resmi YIMM, Yamaha Fino Sporty kini mendapat 3 warna baru, yakni Retro Green, Classic Blue, dan Vintage Red. Menariknya, pada varian ini terdapat lingkaran di bawah lampu sein depan dengan tulisan 125 yang memperkuat kesan retronya.
Warna baru Yamaha Fino Premium 2018 (yamaha-motor.co.id)
Sementara itu, Yamaha Fino Premium juga terlihat makin cantik dan elegan dengan 3 warna baru, yaitu Caramel Brown, Black Espresso, dan White Latte. Varian ini memiliki jok dan alas dek kaki berwarna colat serta velg matte-silver.
Karena hanya menyegarkan penampilan, skutik pesaing Honda Scoopy dan Suzuki Lets ini tidak mendapat fitur tambahan. Saat ini, baik Yamaha Fino Premium maupun Sporty sama-sama dibekali teknologi blue-core, advance-key, ban tubeless, eco indicator, dan smart-lock.
Warna baru Yamaha Fino Sporty 2018 (yamaha-motor.co.id)
Jantung penggerak Yamaha Fino pun tetap sama, masih mengandalkan mesin 1-silinder SOHC 125 cc. Dapur pacu tersebut diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 9,4 hp dengan torsi maksimum mencapai 9,6 Nm.
Mengenai harga, berdasarkan situs resmi YIMM, Yamaha Fino Sporty dan Yamaha Fino Premium dibanderol dengan harga yang sama, Rp17,75 juta (OTR Jakarta). Dengan kata lain, harganya tetap seperti model sebelumnya.

Yamaha Hadirkan YZF-R25 Movistar Edition

Yamaha Hadirkan YZF-R25 Movistar Edition, Harga Cuma Beda Rp350 Ribu

Minggu, 21 Oktober 2018 11:40 Editor : Nurrohman Sidiq
All New Yamaha YZF-R25 Movistar Edition (Yamaha Indonesia)
Setelah secara resmi meluncurkan varian baru All-New YZF-R25 dan R3 versi global, Yamaha turut menawarkan varian baru dengan corak Movistar MotoGP edition. Seri anyar ini turut melengkapi model R-Series lainnya yang sebelumnya dilaburkan pada varian Yamaha YZF-R15.
Ciri khas livery Movistar terbaru Yamaha selalu mengedepankan corak Racing Blue dengan logo Movistar pada fairingnya. Hanya bedanya, konsep baru ini menggunakan aksen Movistar berwarna putih polos.
Di bawah simbol itu, terpampang tag line yang selalu lekat dengan produsen motor bersimbol garpu tala tersebut, yaitu "Revs Your Heart". Lalu, ada juga logo lainnya seperti Semakin di depan, Yamalube serta ENEOS.
Pemakaian livery Movistar tentu saja diikuti dengan penambahan harga. Seperti Yamaha R25 ini yang dihargai Rp58.950.000. Banderolan tersebut berselisih tipis Rp350.000 dibandingkan versi livery standar yang berharga Rp58.600.000, begitu menurut lampiran harga di situs resmi Yamaha Indonesia.
Tidak ada perubahan dari sisi desain maupun mesin. Semuanya sama persis dan hanya berbeda 'kostum' saja.
Seperti yang diketahui, Yamaha YZF-R25 terbaru diklaim memiliki performa lebih tinggi ketimbang generasi lawasnya. Yamaha juga mencoba untuk mengekspresikan konsep super sports dengan memberikan desain saluran udara di bagian tengah mirip dengan YZR-M1.
Hal tersebut dirancang untuk memandu distribusi aliran udara ke radiator. Dengan konsep tersebut, memberikan efek aerodinamis yang terbaik.
"Fokus kami untuk mengoptimalkan aliran udara guna menciptakan tambahan performa. Hasilnya, nilai coefficient of drag naik dari 0,347 menjadi 0,323," ujar Senior Supervisor Yamaha Motor Corp, Michiharu Hasegawa.

Spesifikasi All-New Yamaha YZF-R25 tahun 2018

Mesin

TIPE MESINLiquid cooled 4-stroke, DOHC
SISTEM BAHAN BAKARFuel Injection
TIPE KOPLINGBasah, Kopling manual , Multiplat
TIPE TRANSMISIConstant mesh 6-kecepatan
JUMLAH / POSISI SILINDERInline 2-cylinder
DIAMETER X LANGKAH60,0 x 44,1 mm
PERBANDINGAN KOMPRESI11,6 : 1
DAYA MAKSIMUM26,5kW/12000rpm
TORSI MAKSIMUM23.6Nm/10000rpm
SISTEM STARTERElektrik starter
SISTEM PELUMASANBasah
KAPASITAS OLI MESINTotal = 2,40 L ; Berkala = 1,80 L ; Ganti filter oli = 2,10 L

Dimensi

P X L X T2090mm X 720mm X 1135mm
JARAK SUMBU RODA1380mm
JARAK TERENDAH KE TANAH160mm
TINGGI TEMPAT DUDUK780mm
BERAT ISI166 kg
KAPASITAS TANGKI BENSIN14 Liter

Rangka

TIPE RANGKADiamond
SUSPENSI DEPANTeleskopik
SUSPENSI BELAKANGSwing Arm
BAN DEPAN110/70-17M/C (54S)
BAN BELAKANG140/70-17M/C (66S)
REM DEPANCakram Hidraulic, Piston Ganda
REM BELAKANGCakram Hidraulic, Piston Tunggal

Kelistrikan

SISTEM PENGAPIANTCI
BATTERYGTZ8V
TIPE BUSINGK/CR9E