Modifikasi Motor Kece Nggak Bikin Kere, Mulai Dari 5 Komponen Ini Sob!
Haloo sobat Moladiners. Jinny mau
nanya sob, kira-kira diantara kalian lebih suka motor dibiarin standar
pabrikan atau motor yang tampilannya beda dengan yang lain? Ya, sebagian
besar anak muda udah pasti pengen tampilan motor kesayangannya terlihat
beda dari pada yang lain, entah itu hanya menambahkan beberapa
aksesoris, stiker dll. Nah, di artikel kali ini, Jinny mau sharing tips modifikasi motor dengan 5 komponen simpel yang nggak bakal bikin kantong bolong.
Tentunya saat ini udah banyak banget
rupa-rupa parts modifikasi yang beredar dipasaran, mulai dari parts yang
bergenre touring, harian maupun racing. Nah, terkadang dari sini lah
awal aliran modifikasi apakah yang bakal dijadikan “kiblat” dan bikin
bingung parts mana kah yang lebih dulu harus dibeli. Oleh karena itu,
sebelum kalian memulai modifikasi motor, kalian harus menentukan
kiblat-nya terlebih dahulu. Seringkali tindakan yang asal modif dan
pasang parts aftermarket malah bikin tampilan motor jadi makin aneh dan
malah terkesan alay. Dengan 5 parts di bawah ini bisa kalian jadikan
inspirasi memulai modifikasi motor kesayangan, simak sob!
1. Ganti Knalpot
Yup, knalpot
merupakan komponen pertama kali bisa bikin motor kalian terlihat
berbeda. Tapi jangan salah faham dulu ya sob, ubahan pada komponen ini
nggak harus membuat suara knalpot motor kalian jadi bising ala knalpot
racing. Bisa saja kalian mengubah knalpot pabrikan dengan comot knalpot
standar milik motor lain. Dengan begitu, suara yang dihasilkan pun ngga
bakal terlalu berisik banget, sob. Memilih knalpot aftermarket bisa
dijadikan alternatif, selain motor terlihat lebih sporty, performa motor
pun bisa meningkat dengan penyesuaian settingan motor.
2. Handle / Lever
Yang kedua, part satu ini memiliki banyak nama, brosis. Handel rem
/ kopling, tuas rem / kopling, brake lever atau pun clucth lever,
semuanya sama kok. Handel ini nggak cuma bikin motor kalian terlihat
beda sob, tapi juga memberikan feeling berkendara yang berbeda. Sebab,
dari sekian banyak brake lever aftermarket yang tersebar dipasaran, tuas
rem jenis ini memiliki media kontak terhadap jari yang lebih besar
dibanding milik pabrikan. Asiknya lagi, handle / lever aftermarket ini
memiliki warna yang bervariatif, jadi kalian bisa memilih warna senada
dengan bodi motor.
3. Modifikasi Motor Dengan Spion Aftermarket
Ada beberapa jenis dan model untuk parts satu ini sob, salah satunya model spion
tomok. Model spion seperti ini biasanya memiliki material bahan dari
alumunium yang dibentuk dengan mesin CNC dan kualitasnya pun beragam.
Pilih spion variasi dengan kualitas dan visibilitas yang baik, sebab
parts ini mempengaruhi faktor keamanan saat berkendara di jalan raya.
Maka dari itu, Jinny harap jangan sampai berkompromi dengan part satu
ini, pilih spion aftermarket yang benar-benar berkualitas, ya.
4. Handgrip + Bar End
Untuk parts modifikasi motor satu ini, tak sedikit yang dijual sepaket berupa handgrip
dan bar end (jalu stang) sekaligus. Handgrip atau selongsong gas ini
banyak dijual di toko sparepart dan aksesoris, mulai dari merk terkenal
maupun buatan lokal. Pilihan warna dan motif yang beragam mampu
mendongkrak level kegantengan motor kalian, tinggal menyesuaikan warna
yang kalian minati, brosis. Selain fungsi handgrip & jalu stang ini
bisa bikin motor terlihat lebih eye-cacthing, kedua komponen
ini membuat pengalaman berkendara kalian makin nyaman loh, guys. Tentu
saja, sebab motif dan material handgrip ini bikin tangan nggak licin.
Sedangkan bar end atau jalu stang ini berfungsi sebagai penyeimbang
bobot stang dan menyerap getaran dari mesin maupun jalanan.
5. Sokbreaker Model Tabung
Nah yang terakhir, biar kenyamanan dan
tampilan motor makin maksimal, nggak ada salahnya jika kalian mencoba
melakukan ubahan pada bagian ini. Kebanyakan bikers lebih memilih
mengganti sok belakang motor kesayangannya dengan model tabung, dengan
begitu sektor kaki-kaki terlihat jauh lebih kekar, sob. Tak hanya itu,
beragam fitur yang ditawarkan sokbreker aftermarket mampu meningkatkan
performa handling motor kalian. Biasanya, sokbreaker
non-pabrikan memiliki fitur setelan rebound atau pre-load, bahkan ada
pula yang memiliki keduanya. Namun pastikan sokbreaker yang akan kalian
beli memiliki kualitas yang bagus, ya brosis.
No comments:
Post a Comment